WELCOME TO MY PERSONAL HOME ONLINE

SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI...SEMOGA SUKSES SELALU

Tuesday 15 March 2016

MEMBUAT BAKSO AYAM ENAK


Membuat Bakso Ayam Goreng Sederhana Untuk kita yang suka menikmati bakso, resep yang dibagikan kali ini sangat recommended dan wajib untuk di coba. bakso ayam goreng ini selain rasanya yang enak dan kenyal, aman dan sehat untuk di konsumsi, karena bahan-bahan yang di gunakan ada bahan sayuran yang segar.

Bakso ayam goreng ini cocok sekali untuk camilan sore2 diwaktu senggang. Dibandingkan jika anak-anak jajan yang tidak jelas kebersihan dan kualitas makanannya, lebih baik kita membuat sendiri bakso ayam goreng yang kaya vitamin. Resep bakso goreng ini saya dapatkan dari mba Novalia Rika, terimakasih bunda ya sudah mau berbagi ilmunya....! .
Sedikit tips, agar masakan yang kita masak tetap sehat, terutama yang di goreng, sebaiknya gunakan minyak goreng yang fresh, hindari memakai minyak goreng yang sudah di pakai berulang kali. Selain itu juga, tiriskan bakso dengan menyimpan bakso yng sudah matang di atas tissu tebal, gunanya untuk mengurangi kandungan minyak yang menempel pada baso goreng ini, sebab tissu mampu menyerap cairan dengan baik. .
.
Bakso Ayam Goreng.
Bahan – Bahan
1. Ayam sebanyak 300 gram
2. Tepung sagu / tapioka sebanyak 150 gram
3. Wortel potong dadu sebanyak 100 gram
4. Bawang daun sebanyak 5 batang
5. Minyak 2 sendok makan
6. Putih telur 2 butir
7. Garam 1 sendok makan munjung
8. Minyak wijen 1 sendok makan
9. Gula 1 sendok makan
10. Kaldu udang 3 sendok makan atau kalo kita mau membuat kaldu udang sendiri dengan cara merebus kepala atau daging udang dengan wortel lalu beri garam secukupnya.

Membuat Saus Cuka
1. Haluskan cabai rawit dengan sedikit garam menggunakan ulegan hingga halus kemudian tambahkan bawang putih dan uleg kembali hingga halus.
2. Langkah selanjutnya tambahkan gula merah dan perasan air jeruk. Uleg sampai halus dan apabila saus cuka terlalu kental bisa bunda tambahkan 1 sendok makan air hangat.

Membuat Baso Ayam Goreng
1. Pertama fillet/potong daging ayam hingga bersih dari tulang dan kulitnya dan cuci bersih lalu potong-potong kecil.
2. Setelah itu masukkan daging ayam ke dalam tabung blender ditambah 3 sendok makan air kaldu udang dan 2 butir putih telur, lalu blender hingga halus dan kenyal. Putih telur digunakan untuk membuat adonan bakso menjadi lebih kenyal.
3. Langkah selanjutnya campurkan ayam yang telah diblender dengan 5 batang bawang daun yang sudah di iris, 100 gram wortel, 1 sendok makan penuh garam, 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan minyak wijen, dan aduk rata.
4. Masukkan 150 gram tepung sagu sedikit demi sedikit sambil adonan terus di aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
5. Bentuk adonn dengan berbentuk bulat atau sesuai selera, lalu masukkan ke dalam wajan yang minyaknya sudah dipanaskan.
6. Goreng bakso di atas api sedang hingga berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan di atas tissue tebal.

Bakso ayam goreng enak dan gurih serta sehat ini, siap untuk di sajikan selagi masih panas dengan saus cuka, atau bunda juga bisa menikmati basko goreng ini dengan di buatkan sup.
Selamat Mencoba!... dan Jangan lupa untuk membagikan resepnya ke teman-teman bunda yang lain.
Resep by: Novalia Rika

No comments: