WELCOME TO MY PERSONAL HOME ONLINE

SELAMAT BERGABUNG BERSAMA KAMI...SEMOGA SUKSES SELALU

Tuesday 18 March 2008

Mengenal cPanel

Bagi para webmaster yang menghostingkan websitenya di Linux, tentunya tidak asing lagi dengan istilah cPanel. Apa sih cPanel itu? CPanel adalah control panel yang berbasiskan web yang memungkinkan pada webmaster/hostinger untuk memelihara domainnya melalui web interface, meliputi semua aspek hosting antara lain:

  1. Email

Dengan cPanel para hostinger bisa memelihara account email pada domainnya, meliputi buat account baru, menentukan quota, ganti password email bahkan merubah arah hosting email melalui mx record.

  • Backup
  • Ini yang penting menurut saya, kita bisa melakukan backup semua data file website kita dan mendownloadnya, bila sewaktu-waktu kita perlkan kembali.Web site statiscticsMelalui cPanel juga kita bisa melihat statistik para pengunjung website meliputi unik visitor, berapa hits, ip mereka dan pages apa aja yang mereka lihat.

  • FTP
  • Dengan cPanel kita juga bisa membuat account ftp untuk upload atau download file yang lebih baik.
    File ManagerFile manager digunakan untuk mengolah file-file kita di tempat hosting, seperti my computer pada windows.Sub DomainSub Domain kita bisa membuat sub domain ataupun menghapus sub domain dan menentukan arah (redirect) dari sub domain tersebut.

  • MySQL
  • Kalau kita menggunakan mysql sebagai database kita, melalui cPanel kita juga bisa membuat database membuat tabel menentukan field-fieldnya, mengekspor baik dengan data maupun struktur tabel aja, mengiimport database dari luar bisa structure nya aja ataupun dengan isinya sekalian.
  • Fantastico:
  • Ini sifatnya opsional, bisa ada bisa tidak pada masing-masing tempat hosting. Namun ini yang paling saya sukai, karena pada Fantastico banyak tersedia script gratis yang bisa kita pakai tanpa bayar. Ada web template statik, e-commerse, script untuk forum (phpbb, smf), CMS (joomla, mambo, phpnuke, wordpress dan masih banyak lagi.


    Udah berhenti dulu teorinya, sekarang ingin melihat langsung cPanel, ingin melihat juga Fantastico silahkan klik http://hosting.anastix.net/index.php?option=com_content&task=view&id=7&Itemid=1Pada bagian akhir halaman klik aja gambar Demo CPanel.Usernamenya cpdemoPasswordnya demoSelamat menikmati

    reload from: http://widyainspira.wordpress.com/2008/01/08/menggunakan-cpanel/href="http://klipingartikel.anastix.net/category/komputer/">http://klipingartikel.anastix.net/category/komputer/

    No comments: